Jumat, 03 September 2010

YANG LAIN BMT, MUHAMMADIYAH DIRIKAN BTM

Yang lain BMT, Muhammadiyah Dirikan BTM

Dalam kegiatan rutine Ahad ke 3 tiap bulan yang bulan ini jatuh tanggal 18 Juli 2010, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen menyelenggarakan pengajian yang diikuti anggota dan simpatisan Muhammadiyah se Kabupaten bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyyah Jl. Indrakila Kebumen.

Tausiyah dan kajian diisi oleh Ketua PDM KH Mudhofir BA yang menekankan bahwa umat islam pada umumnya baru senang berkumpul tapi belum senang dan belum bisa berbaris. Beliau menyampaikan andaikata saja umat islam yang sudah sangat gandrung berkumpul, dimana-mana bila ada acara yang berbentuk seremoni apalagi yang berbentuk ibadah berduyun-duyun mereka menghadiri dan mengikutinya mau untuk menyusun barisan dibawah satu komando dengan aba-aba yang jelas dan yang pasti harus patuh pada komandan pastilah keberhasilan umat dalam segala bidang akan tampak nyata. Kita tidak menutup mata bahwa jumlah umat islam besar tapi tampaknya prestasinya kecil karena tidak pernah berbaris dengan baik.

Oleh karenanya, prihatin dengan keadaan umat, PDM Kebumen di tahun terakhir masa bhakti / hidmat-nya ( 2005 -2010 ) mencoba untuk menyusun barisan umat dalam sektor ke-ekonomi-an dengan mendirikan BTM bukan BMT. BTM adalah singkatan dari Baitul Tamwil Muhammadiyah bukan baitul maal wa tamwil sebagaimana yang sudah muncul dimana-mana. Kenapa beda, karena Muhammadiyah telah memiliki Baitul Maal secara permanen dengan sebutan LAZIS (Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh) Muhammadiyah yang ada disemua tingkatan kepemimpinan dari Pusat sampai Ranting. BTM ini dimaksudkan untuk mentasharufkan sebahagian hasil dari Lazis untuk ekonomi produktif membantu pengusaha / pedagang ekonomi lemah ( Pegel ) diantara anggota dan umat islam pada umumnya. Disamping modal awal dari hasil Lazis tercatat beberapa pengusaha di Kebumen yang sudah siap berjuang membantu permodalan BTM Muhammadiyah.

Dalam kesempatan acara pengajian yang selalu dimulai pukul 06.00 dan diakhiri pukul 07.00 disaksikan para jamaah telah dilantik pula kepengurusan BTM dengan SK No. 053/Kep/III.0/D/2010 tertanggal 17 Juli 2010 s.b.b ; Penasihat/Pengwas Syar’i Ketua Majlis Tarjih, Pengawas Operasional Ketua Majlis Ekonomi & Kewirausahaan, Ketua Drs.H Bambang Hudrayanto Nasa Msi, Ketua II HM Abduh Hisyam S.Ag., Sekretaris H Romelan S.Ag, Bendahara I Halim Darmawan SH, Bendahara II Milyono SH, Anggota : Ir.H Sumanto, H. Slamet Jumadi, H Sukamto SE, Drs Slamet Budiono, Ir H Jarot dan H Abdul Rois.

Mereka adalah para tokoh yang sudah berpengalaman dalam Bank Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Kemasyarakatan sehingga diharapkan akan mampu berbuat maksimal penuh waktu karena banyak yang telah purna tugas. Sebelum bulan Ramadhan,setelah dilengkaspi dengan Manajer Operasional dan staff kantor yang profesional diharapkan BTM sudah bisa melayani umat dalam menghadapi prepegan menjelang Lebaran (ms)

1 komentar:

  1. lha trus pripun niku? niki sakniki pdm kebumen mpun gadah blog monggo di tuweni nggih..http://pdmkebumen.blogspot.com

    BalasHapus