Sabtu, 20 Februari 2010

ANNIDA ONLINE - KOPDAR ( KOPI DARAT ) FPK

Annida-Online—Meski terbilang anyar, komunitas Forum Penulis Kebumen (FPK) cukup aktif menyelenggarakan beberapa event yang dimaksudkan untuk meningkatkan potensi para anggotanya. Seperti pada Ahad (14/2) lalu, FPK menggelar acara kopi darat (kopdar) alias kumpul-kumpul bareng yang ke-7 di TBM Sanggar Candra Buana, Jl.H. M. Sarbini No. 40 Kebumen. Meski hanya dihadiri oleh sekitar 20 anggota FPK, pertemuan kali ini terjalin cukup hangat.

“Sebenarnya, agenda utamanya adalah pergantian sekretaris FPK dari Udji Prijatno kepada Syukron Makmun. Kemudian kami juga membahas beberapa program kerja FPK di tahun pertama pendiriannya,” ujar Udji Prijatno, mantan sekretaris FPK.

Beberapa program kerja yang dibahas FPK hari itu memang nggak jauh-jauh dari aktivitas kepenulisan. Mulai dari upaya meningkatkan intensitas pertemuan antar anggota, mengadakan studi banding ke kantor media, menyelenggarakan BBM (Bimbingan Belajar Menulis) hingga penyelenggaraan lomba-lomba kepenulisan yang diperuntukkan bagi anggota FPK maupun di luar anggota.

Pada kopdar tersebut, diselenggarakan pula penyerahan hadiah Lomba Menulis FPK bekerjasama dengan harian umum Suara Merdeka yang telah dilaksanakan pada 26 Desember 2009-25 Januari 2010 untuk menyemarakkan hari jadi Kebumen ke-74 serta HUT ke-60 harian umum Suara Merdeka.

Menurut Udji, FPK yang terbentuk pada 9 Agustus 2009 silam ini awalnya dilatarbelakangi dari kesamaan hobi yang sama dari para pendirinya; Ambijo, M. Syahri Nurwahab, Udji Prijatno, Syukron Makmun, Siti Khotimah dan Ismila Adianingrum, di dunia tulis-menulis. Tujuan didirikannya forum penulisan ini diakui Udji sebagai upaya terlibat aktif dalam curah gagasan pembangunan daerah dan mengkritisi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kebumen.

“Bukan sekadar forum penulis tapi semoga melalui tulisan-tulisan para anggotanya, kami bisa ikut untuk menyatukan persepsi dan berkontribusi terhadap setiap aktivitas serta dinamika pembangunan di Kebumen,” lanjut Udji.

Keanggotaan FPK ssendiri terbuka untuk umum, terutama bagi mereka yang berdomisili di Kebumen dan hobi menulis serta mau mempublikasikan karyanya ke media. Salah satu pegiat FPK yang terbilang produktif dalam berkarya adalah Sam Edy Yuswanto, yang cerpen-cerpennya kerap menghiasi media, Annida-Online, salah satunya. Tertarik? Gabung aja langsung ke FPK! [nyimas/foto: dok. gusfajri]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar